Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Merencanakan Masa Depan Dan Karir

              A.    Pendahuluan
Dahulu saya adalah seorang anak yang suka merasa bingung jika ditanya tentang cita-cita. Yang saya pikirkan dahulu adalah membuat orang tua bahagia itu adalah hal yang cukup untuk saya. Tetapi setelah dipikir kembali saya menyadarinya bahwa bagaimana bisa membuat orang  tua bahagia jika kita sendiri tidak mempunyai cita-cita ataupun tujuan hidup.
Saat itulah saya langsung berkeinginan menjadi seorang desainer.  Karena dulunya saya adalah siswi SMK jurusan Multimedia dan Desain Grafis adalah salah satu mata pelajaran produktif yang sangat saya gemari. Saya juga mendapatkan satu kalimat motivasi dari ayah teman dekat saya yang mengatakan bahwa anak muda itu harus mempunyai cita-cita yang banyak, minimal 2 cita-cita. Alasannya adalah ketika kita tidak bisa lagi menggapai cita-cita utama, maka masih ada cita-cita lain yang bisa kita gapai.
Positifnya adalah jika kita memiliki banyak cita-cita dan ketika kita tidak bisa mewujudkan cita-cita itu maka kita tidak akan terlalu kecewa dan tidak lama untuk terpuruk dalam kesedihan, karena masih ada jalan lain yang bisa ditempuh. Kurangnya mungkin tidak bisa konsentrasi dalam satu bidang untuk pencapaian cita-cita tersebut. Tinggal tergantung bagaimana kita untuk menyikapinya kedepannya.
Sejak inilah saya mulai memiliki beberapa cita-cita dan tujuan yang ingin saya wujudkan. Mulai dari seorang desainer, programmer editor video, sutradara, cameraman, dan wirausahawati. Bisa dikatakan mengacu pada teknologi informasi, mungkin karena jurusan saya sewaktu SMK.
              B.     Profesi yang Diinginkan
Cita-cita utama saya adalah menjadi seorang programmer, spesifiknya adalah programmer aplikasi mobile. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi programmer lain seperti website, software, dan game.
Maka profesi yang saya inginkan adalah menjadi seorang programmer wanita sukses yang ada di perusahaan pengembang aplikasi mobile ternama di Indonesia.
              C.    Menganalisa Waktu
Menganalisa waktu dalam pencapaian sasaran memang penting, karena kita bisa menargetkan berapa lama waktu yang harus kita tempuh untuk mendapatkan sasaran atau sesuatu yang kita inginkan. Dan agar kita bisa lebih bersemangat dan bekerja keras untuk mencapai sasaran tersebut.
Berikut ini adalah target waktu yang saya harus saya capai kedepannya :
  • 2 bulan kedepan
:
Mendapatkan nilai UAS minimal 8,00 dalam setiap mata kuliahnya.

  • 1 semester ke depan
:
Mendapatkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal A-
  • 1,5 tahun kedepan
:
Mendapatkan Tempat Penempatan Pekerjaan.
  • 3,5 tahun kedepan
:
Melanjutkan jenjang pendidikan S1 dengan baik.

  • 8 tahun kedepan
:
Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan sukses dalam bidangnya.

              D.    Fungsi dan Pentingnya Jurusan atau Sasaran
Jurusan atau sasaran sangat diperlukan dalam pencapaian tujuan. Karena pilihan jurusan dapat dijadikan penunjang dalam pekerjaan yang diminati nantinya. Bisa dikatakan jurusan adalah sarana untuk pengembangan minat dan bakat.
Lewat pilihan jurusan, kita dapat lebih intens untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru mengenai minat dan bakat yang kita miliki. Saat ini pelamar kerja dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja Dengan adanya penjurusan-penjurusan maka dapat menjadi wadah yang mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. Kita akan memiliki ketrampilan melaksanakan pekerjaan di perusahaan/industri, sehingga tidak canggung untuk memasuki dunia kerja nantinya. Hal ini sangat membantu dalam memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh dunia industri atau dunia usaha dalam era globalisasi yang penuh persaingan ini.
Berbicara tentang hubungan dengan cita-cita, fungsi dan pentingnya jurusan atau sasaran memiliki nilai yang sangat kuat dan mampu membuat lebih semangat. Hal ini sudah saya jalani dan rasakan. Saya memiliki cita-cita sebagai programmer ataupun desainer. Untuk menunjang dan mewujudkan hal tersebut maka langkah pertama yang saya lakukan adalah bersekolah di sekolah kejuruan dan mengambil jurusan Multimedia, yang didalamnya juga mempelajari mengenai pemrograman dan desain grafis. Walaupun dalam multimedia ini banyak sekali yang dipelajari, misalnya animasi, fotografi dan cinematografi, tetaplah ilmu-ilmu tersebut dapat dijadikan penunjang dan kelebihan tersendiri kedepannya. Selanjutnya saya pun melanjutkan sekolah saya di bidang studi Informatika Komputer dan yang pasti lebih intens pada programmer dan desainer khususnya desain web. Saya merasa lebih bersemangat dalam pencapaian cita-cita.
              E.     Menetapkan Tujuan dan Cita-cita
Untuk menetapkan tujuan dan cita-cita maka langkah pertama kita harus mengetahui gambaran jelas mengenai tujuan dan cita-cita nantinya. Selanjutnya adalah membuat sasaran secara spesifik agar kita mempunyai suatu konsistensi dan konsekuensinya. Maka kita akan terpacu untuk semakin giat berusaha dan jangan terlalu kecewa bila belum mencapai target yang telah ditentukan. Sebaiknya kita malah semakin bersemangat untuk meraihnya. Ada baiknya juga merubah strategi yang digunakan dalam pencapaian tujuan dan cita-cita agar mampu berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Kunci terakhir adalah percaya dan yakin bahwa Allah terlah memberikan jalan yang terbaik. Jika jalan yang ditemukan buntu, maka percaya dan yakin lah bahwa pasti ada jalan lain yang bisan dilalui J
Tujuan hidupku adalah membuat bangga setiap orang yang menyayangiku terutama orang tuaku. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka saya mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang wanita yang sukses dalam semua bidangnya. Dan cita-cita utama saya adalah menjadi seorang programmer yang memajukkan teknologi Indonesia. Amin.
             F.     Menyusun Proses Pencapaian Tujuan
Menetapkan tujuan dan cita-cita sangatlah penting, karena kita sekarang telah beranjak dewasa. Dan kita akan semakin dekat dengan masa depan dan kesuksesan. Maka mulai dari sekarang kita wajib menyusun proses-proses yang akan kita lakukan.
Proses Pencapaian Tujuan yang akan saya lakukan adalah :

·      1,5 tahun kemudian
:
Menyelesaikan program studi di LP3I Yogyakarta
·      2 tahun selanjutnya
:
Melanjutkan program studi S1 di LP3I Politeknik Bandung dan bekerja sambilan
·      1 tahun selanjutnya
:
Melanjutkan bekerja dan memilih apa yang sesuai untuk dijadikan pekerjaan yang tetap
·      2 tahun selanjutnya
:
InsyaAllah telah menjadi PNS
·      1 tahun selanjutnya
:
Menikah
·      selanjutnya
:
Menjadi wanita karir yang mampu membagi waktu dengan keluarga


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar