Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perintah SQL CASE | Logika Operator | Tugas Database

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar beberapa logika operator nih. Diantaranya AS, AND dan OR, BETWEEN, LIKE, DISTINCT, dan CASE. Yukk kita lihat logika operator itu yang seperti apa sih ?! ini jawabannya
  1. AS (nama alias / bukan nama sebenarnya) As digunakan untuk menampilkan field atau kolom dengan nama lain yang mungkin lebih mudah dimengerti. Field atau kolom yang ditampilkan oleh AS ini bersifat sementara lho.

  2. AND dan OR
    Perintah ini susah dijelaskan :D contoh kasusnya aja yaa. .
    And : menampilkan semua nama mahasiswa yang program studinya informatika computer
    Or : menampilkan semua nama mahasiswa atau yang program studinya informatika computer
  1. BETWEEN digunakan untuk menampilkan data diantara nilai yang diminta. Contoh kasus : menampilkan semua nilai ujian mahasiswa dari nilai 60 sampai dengan 100.

  2. Like (seperti) digunakan untuk menampilkan data yang hanya diwaliki oleh satu atau lebih huruf saja. Contoh kasus : menampilkan semua nama mahasiswa yang diawali dengan kata Amelia.

  3. DISTINCT digunakan untuk menampilkan satu data saja yang terdapat kesamaan. Artinya pada hasil output tidak ada data yang sama meskipun data aslinya banyak data yang sama.

  4. CASE digunakan untuk menampilkan data baru dengan data dari operasi yang ada di dalamnya. Contoh kasus : menampilkan data dengan jenis kelamin ‘P’ maka tertulis ‘Perempuan’

Kali ini saya akan sedikit mengulas logika operator CASE dengan contoh kasus :
  1. Memberikan keterangan untuk field unitInStock dengan ‘Stock Habis’ apabila jumlah unitInStock < 5, keterangan ‘Harus Order’ apabila unitInStock antara 5 sampai 15 dan memberikan keterangan ‘Stock Cukup’ apabila unitInStock > 15
  2. Memberikan nilai ‘United State of Amerika’ untuk Country=’USA’ dan nilai ‘United Kingdoms’ untuk Country=’UK’

Silahkan download Script perintah SQL nya disini. Dan databasenya disini


Nah, sudah mulai mengerti kan ? karena AS, AND dan OR, BETWEEN, LIKE, dan DISTINCT sudah sedikit disinggung pada latihan soal di sesi sebelumnya. Silahkan yang ingin tahu, download file latihan soal dan databasenya di sesi sebelumnya, Klik DISINI untuk masuk di sesi sebelumnya.


*SEMOGA BERMANFAAT*

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar